Sabtu, 04 Agustus 2012

KONSEP PENDIDIKAN SENI RUPA

Konsep Pendidikan Seni Rupa di SD

Pengertian Seni 
Seni adalah segala macam keindahan yang diciptakan manusia. menurut Ki Hajar Dewantoro, seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaanya yang bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia lainnya.

Fungsi dan Tujuan Seni secara umum
fungsi dan tujuan pendidikan seni adalah menumbuhkan sikap toleransi, demokrasi dan beradap serta mampu hidup rukun dalam masyarakat majemuk, mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual, ekspresi melalui seni, mengembangkan kepekaan rasa, keterampilan serta mampu menerapkan teknologi dalam berkreasi dan dalam memamerkan dan mempergelarkan karya seni.

Cabang-cabang Seni
a. Seni suara dan seni musik
di dalam seni suara dan seni musik, maka perpaduan suara merupakan hal yang penting, yaitu suara fokal, disamping susunan kata dan instrumen.

b. Seni tari (gerak)
seni tari merupakan gerak tubuh yang indah dan ritmis. Dan seni tari biasanya disertai dengan suara musik (gamelan). Kepuasan dan keberhasilan seni tari tergantung dari penampilan gerak irama tubuh, tata rias, tata busana dan tata dekorasi.

c. Seni Drama/teater dan seni Sastra
gerak pada seni drana atau seni teater merupakan unsur yang penting. Di dalam seni drama pantomim misalnya merupakan salah satu bentuk seni drama yang mengutamakan dialog gerak dan ekspresi.

d. seni rupa
seni rupa dalam wujud dan bentuknya dapat dibedakan menjadi seni dua dimensi dan seni tiga dimensi
( dimensi=ukuran matra ).


KONSEP SENI RUPA

Pengertian seni rupa
Seni rupa adalah jenis seni yang menggunakan media atau unsur-unsur rupa(visual), unsur-unsur yang dapat di indrakan oleh mata.

1.Seni rupa berdasarkan pada dimensi atau matranya :
  • dwi matra ( dua dimensi )  
jenis karya seni rupa yang penampilannya hanya memerlukan dua ukuran
  • tiga matra ( tiga dimensi ) 
jenis karya seni yang ditentukan oleh tiga ukuran. Karya seni rupa tiga dimensi ini memiliki massa atau meruang.


2. berdasarkan fungsinya
  • seni rupa murni (fine art)
seni rupa murni adalah klarifikasi yang menunjuk pada pemanfaatan karya semata-mata hanya untuk kepentingan hiasan saja.

  • seni rupa terapan (applied art) 
jenis karya seni rupa yang diciptakan tidak hanya memenuhi kebutuhan estetis melainkan juga memenuhi kebutuhan praktis manusia.

  • berdasarkan corak atau aliran
a. seni rupa tradisional
b. seni rupa modern

  • berdasarkan tema atau isi
a. representatif
b. non representatif
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar